Penyebab kurang gizi Pada Bayi

Penyebab bayi kurang gizi- Gizi merupakan hal yang paling dibutuhkan oleh tubuh. Gangguan gizi pada bayi merupakan suatu suatu kondisi dimana jumlah zat gizi yang terdapat pada makanan yang dikonsumsi oleh  bayi tidak dapat terpenuhi dengan baik.dan hal ini bila dibiarkan secara terus menerus akan menyebabkan bayi terkena infeksi .

Kurangnya gizi pada bayi dapat menyebabkan bayi mudah untuk terkena infeksi karena daya tahan tubuh yang menurun. Maka dari itu kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebab dari bayi kurang gizi ,agar kita dapat mengatasinya dengan cepat. Lalu apa saja yang menjadi penyebab bayi kurang gizi? Simak ulasan berikut!

Berikut beberapa penyebab bayi kurang gizi yang harus diketahui

  1. Faktor Ibu

Baik buruknya gizi anak yang berusia 5 tahun tergantung pada tingkat gizi yang sang ibu selama kehamilan ataupun selama menyusui. Tingkat gizi pada ibu hamil  sngat berpengaruh terhadap ukuran pada bayi yang baru saja lahir. Kekurangan losium pada ibu dapat menyebabkan kerusakan pada otak anak dan juga dapat menyebabkan kelatarbelakangan fisik maupun mental. Dan hal ini dapat mempengaruhi kemampuan anak dalam pertumbuhan ataupun perkembangannya.

  1. Jenis Kelamin

Kekurangan gizi pada bayi biasanya lebih sering terjadi pada bayi yang berjenis kelamin perempuan dari pada anak laki-laki. Pada umumnya perbedaan tingkat pravelensi gizi antara anak laki-laki dan perempuan itu tidak jauh. Biasanya bayi perempuan cenderung memiliki kgizi lebih sedikit daripada bayi laki-laki.

  1. Penyakit

Salah satu penyakit yang dapat menyebabkan kekurangan gizi yaitu diare dan juga infeksi yang menybabkan menurunnya penyerapan nutrisi, asupan makanan dan juga hilangnya nutrisi langsung . infeksi parasite , khususnya infeksi cacaing usus, juga dapat menyebabkan kekurangan gizi. Selain itu juga yang menyebabkan terjadinya penyakit ini yaitu infeksi cacing usus yang terjadi pada anak karena disebabkan oeleh kurangnya sanitasi kebersihan. Selain itu juga anak yang mengalami penyakit HIV memiliki resiko lenih tinggi untuk terkena  kurang gizi, karena tubuhnya yang tidak dapat menyerap nutrisi.

  1. Sanitasi

Terjadinya kurang gizi pada bayi karena disebabkan oleh air yang tidak aman, sanitasi yang tidak aman, dan juga kebersihan yang krang terjaga. Dan kondisi ini yang sering dapat menyebabkan diare berulang dan juga infeksi cacing usu.

  1. Kesenjangan Sosial

Penyebab berikutnya yaitu kesenjangan sosial yang hampir disetiap Negara terjadi dikarenakan keluarga yang kurang mampu sehingga membuatnya memiliki tingkat gizi yang buruk. Hal ini terjadi karena tidak adanya ketersediaan makanan yang bergizi untuk bayi atau untuk anak-anaknya.

  1. Penanganan Kurang Gizi

Ketika anak mengalami kurang gizi maa disarankan untuk segera membawanya kerumah sakit untuk melakukan pemeriksaan satus gizi pada anak. Kurang gizi yang terjadi pada anak dapat ditangani dengan stabilitas, transisi, dan juga rehabilitasi.

Nah, itUlah beberapa penyebab bayi kurang gizi yang wajib untuk diketahui. Semoga bermanfaat !