Penyebab Masalah gizi pada balita

Penyebab masalah gizi pada balita- Gizi merupakan salah satu hal yang paling penting bagi tubuh, karena gizi akan sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak terutaman anak masih berada dimasa balita. Karena masa balita merupakan masa yang sangat berharga dan sangat penting dalam tumbuh kembang anak. Dan biasanya banyak orang yang mengatakan bahwa masa balita merupakan masa golden period atau masa emas  untuk pertumbuhan dan perkembangan oatak anak secara optimal.

Namun pada masa balita juga murupakan suatu masa yang sangat rentan untuk terkena kelainan gizi, karena pada saat ini balita sering sekali mengalami cenderung untuk susah makan dan juga konsumsi makanan dengan asupan gizi yang tidak baik. maka dari itu banyak sekali masalah gizi yang terjadi pada balita yang harus bunda ketahui. Lalu apa saja masalah gizi tersebut ? simak ulasannya !

Berikut beberapa penyebab masalah gizi pada balita yang harus anda ketahui

  1. Infeksi

Salah satu masalah yang terjadi pada balita yaitu ketika balita terkena infeksi, dan hal ini akan sangat berpengaruh pada berkurangnya fungsi tubuh serta mental balita. Dan hal ini juga dapat  terjadi karena gangguan kesehatan lain seperti gangguan kesehatan yang dapat dialami oleh seorang ibu pada saat mengandung.

  1. Marasmus

Marasmus merupakan  salah satu masalah gizi atau sering disebut gizi buruk yang diakibatkan oleh kurangnya supan makanan pada tubuh, erutama protein dan kalori. Marasmus ini terjadi karena tubuh yang tidak memiliki energi. Biasanya penderita marasmus akan mengalami hambatan pada pertumbuhannya. Selain itu juga balita yang mengalami marasmus akan ditandai dengan beberapa ciri- ciri tertentu seperti diare yang disertai dengan bercak hijau serta berlendir, keriput dan apanila marasmus yang terjadi sudah semakin parah maka akan terlihat dari lemak pipi yang terlihat menghilang dan juga wajah yang terlihat menjadi tua.

  1. Kekurangan vitamin A

Masalah berikutnya yang terjadi yaitu kurangnya vitamin A, yang dapat diketahui pada saat melakukan pemeriksaan dilabolatorium yang hasilnya menunjukan bahwa kadar vitamin A yang rendah. Kurangnya vitamin A akan berpengaruh terhadap organ penglihatan terhadap anak.

  1. Obesitas

Obesitas yang terjadi pada balita akan bermaslah dikemudian hari karena obesitas ini dapat menimbulkan beberapa penyakit . selain itu juga obesitas ini memiliki beberapa dampak negatife seperti mudah lelah, gangguan pernafasan, serta menyebabkan diabetes dan bebrapa penyakit lainnya. obesitas terjadi karena penumpukan lemak berlebih pada jaringan adiposa.

  1. Rafkhitis

Rafkhitis yaitu salah satu penyakit yang menyerang tulang dan disebabkan oleh kurangnya asupan makanan yang mengandung vitamin D serta kalsium. Oleh sebab itu Vitamin D ini sangat dibutuhkan karena dapat berfungsi dalam menyerap kalsium pada usus. Kurangnya vitamin D dapat membuat tubuh kesulitan dalam menyerap kalsium, sehingga akan terjadi kelainan pada kerangka otot syaraf.

Nah, itulah beberapa penyebab masalah gizi  pada balita yang dapat anda ketahui. Semoga bermanfaat!