Penyebab Sariawan pada anak dan cara mengatasinya

Penyebab sariawan pada anak dan cara mengatasinya- Sariawan yaitu luka kecil yang terjadi pada mulut atau pun rongga mulut seperti meliputi lidah, gusi, mulit dan juga pipi sisi dibagian dalam. Sariawan ini bisa terjadi pada siapa saja baik itu orang dewasa maupun anak-anak. Namun meskipun terbilang ringan, sariawan yang terjadi pada anak juga harus diketahui penyebabnya, karena apabila terus dibiarkan akan membuat anak malas untuk makan dan hal ini pun akan berdampak terhadap kesehatan dan juga tumbuh kembang anak.

Maka dari itu ketika orangtua telah mengetahui anaknya mengalami sariawan maka alangkah lebih baiknya untuk segera melakukan pengobatan. Agar pengobatan yang dilakukan dapat berlangsung dengan cepat maka anda pun harus mengatahui penyebab sariawan yang terjadi pada anak anda. lalu apa saja yang dapat menjadi penyebab terjadinya sariawan pada anak dan bagaimana cara mengatasinya?  Simak ulasannya berikut !

Berikut ini beberapa penyebab sariawan pada anak dan cara mengatasinya

  1. Infeksi Virus

Salah satu penyebab terjadinya sariawan pada anak yaitu infeksi virus seperti harpes dan juga virus flu singapura yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit pada kaki, tangan, dan juga mulut. Dan biasanya hal ini ditandai dengan timbulnya sariawan yang diawali dengan demam selama 1-3 hari, selain itu juga dapat muncul bercak-bercak putih yang muncul dibagian mulut dan apabila dibiarkan akan menjadi sariawan

  1. Stomatitis Apthosa

Penyebab lain yang dapat menimbulkan sariawan yaitu akibat adanya trauma misalnya seperti tergigit atau juga tergores pada saat menggosok gigi. Dan luka yang berada didalam bagian mulut inilah yang akan menyebabkan kuman masuk dan membuat luka terinfeksi. Dan pada saat terjadinya sariawan biasanya akan disertai dengan peradangan yang akan terasa sakit ataupun nyeri yang terjadi pada anak.

  1. Oral Thrush/Moniliasis

Yang menjadi penyebab terjadinya sariawan yaitu disebabkan oleh jamur candida albicans yang biasanya bersarang pada lidah. Dan jamur yang berada pada lidah ini akan mudah sekali tumbuh apabila daya tahan tubuh anak sedang dalam keadaan menurun.

Nah, itulah beberapa penyebab sariawan pada anak yang harus diketahui oleh orangtua, setelah mengetahui penyebab yang terjadi maka orangtua pun harus segera mengatasinya. Dan bagaimana cara untuk mengatasi sariawn yang terjadi pada anak? Berikut ulasannya!

Cara mengatasi sariawan pada anak

Setelah mengatahui penyebab terjadinya sariawan, maka dari itu selanjutnya orangtua harus harus segera mengatasinya, nah berikut ini beberapa cara mengatasi sariawan pada anak, diantaranya:

  1. Menjaga kesehatan gigi dan juga mulut anak
  2. Memberikan saupan makanan dan juga minuman yang sehat dan bergizi
  3. Menggunakan gelas untuk minum sikecil
  4. Dan juga suapi sikecil dengan cara perlahan-lahan

Nah, itulah beberapa penyebab sariawan pada anak dan cara mengatasinya yang dapat anda ketahui. Semoga bermanfaat !