Pola Makan Sehat Yang Dianjurkan

Banyak penyakit yang mengintai kita ketika pola makan tidak sehat.  Anda dapat membiasakan diri dengan pola makan sehat agar kesehatan anda tetap terjaga.

Berikut Ini Pola Makan Sehat Yang Dapat Menjadi Acuan

  1. Hindari junk food

Makanan junk food kebanyakan adalah makanan cepat saji. Junk food tidak bagus bagi kesehatan dikarenakan banyak mengandung kalori dan memiliki nilai gizi yang kurang. Pada jaman sekarang ini banyak sekali orang lebih memilih makanan junk food dari pada makanan bergizi yang diolah sendiri dirumah. Makanan yang banyak mengandung kalori jika terlalu banyak dikonsumsi dapat menjadi sumber berbagai masalah penyakit kronis. Penyakit ini sering diawali dengan kelebihan berat badan.

  1. Jam makan teratur

Terkadang kesibukan dalam rutinitas harian menjadikan jadwal makan tidak beraturan. Waktu makan yang sering digunakan yaitu makan pagi atau sarapan, makan siang dan makan malam. Sarapan sangat penting untuk memberikan energi pada awal aktivitas. Sarapan yang baik dilakukan sekitar pukul 7.00 sampai 10.00.Sarapan dapat menambah konsentrasi serta kinerja otak. Jarang diketahui ternyata sarapan juga berguna untuk mengontrol berat badan. Jam makan siang dianjurkan sekitar pukul 12.30 sampai 14.00.

Waktu normal jam makan siang berakhir pada pukul 16.00. Jarak ideal sarapan dengan makan siang sekitar 4 jam. Makan malam sangat penting untuk tubuh. Makan malam yang tepat antara 18.00 sampai 21.00. Berhenti makan 3 sebelum tidur malam dapat membantu makanan dapat dicerna sempurna sehingga tidak mengakibatkan kembung.

  1. Sayur dan buah

Sayuran hijau dan buah-buahan sangat bermanfaat bagi tubuh. Agar proses pencernaan lancar anda dapat mengonsumsi sayur dan buah yang tinggi serat. Buah dan sayur juga kaya nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Anda dapat mengonsumsi sayur dan buah dengan variasi yang berbeda karena banyak sekali buah dan sayur yang ada di sekitar kita.

  1. Pilih karbohidrat yang tepat

Karbohidrat didapatkan dari mengonsumsi makanan pokok. Makanan pokok ini diolah menjadi sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Anda dapat mengganti nasi putih dengan beras merah atau gandum yang kaya akan serat. Karbohidrat yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

  1. Asam lemak

Asam lemak dalam mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Anda bisa memperoleh asam lemak dengan mengonsumsi ikan, biji rami, dan kacang-kacangan. Asam lemak dapat memelihara kesehatan rambut, kulit serta kuku. Asam lemak tak jenuh dibagi menjadi tiga yaitu asam lemak omega 3, asam lemak omega 6 dan asam lemak omega 9. Asam lemak jenuh memiliki fungsi masing-masing. Asam lemak omega 3 dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, membantu perkembangan otak, dan penghasil energi.

Asam lemak omega 6 berfungsi untuk menghasilkan energi namun dapat juga dibentuk menjadi ARA. Kelebihan omega 6 tidak bagus untuk tubuh karena dapat mengganggu sistem pencernaan, pembuluh darah tersumbat, Arthritis, serta stroke. Omega 9 berfungsi sebagai pengatur lemak darah dalam tubuh.

  1. Kebutuhan protein tercukupi

Protein dapat berfungsi untuk meregenerasi sel-sel didalam tubuh. Anda dapat memperoleh protein dari ikan, daging dan kacang-kacangan. Protein dapat membantu pertumbuhan dan sumber kekuatan tubuh. Protein tidak dapat disimpan dalam tubuh sehingga asupan protein harus tercukupi. Asam amino yang dihasilkan protein ada 2 yaitu asam amino esensial dan asam amino non esensial.

Pola makan sehat juga perlu diimbangi dengan mineral yang cukup. Anda juga perlu memenuhi kebutuhan mineral untuk memperlancar metabolisme. Cukupi kebutuhan mineral anda dengan mengonsumsi minimal 8 gelas sehari air putih.