Rekomendasi Makanan Penambah Darah Yang Paling Efektif

Makanan penambah darah yang paling efektif – Kurang darah atau anemia yaitu suatu keadaan dimana jumlah sel darah merah menurun. Didalam sel darah merah terkandung komposisi hemoglobin yang memiliki peran sebagai pengantar oksigen keseluruh tubuh. Dan apabila sel darah merah berkurang maka proses transportasi oksigen serta karbondioksida didalam tubuh pun akan berpengaruh, maka inilah yang dapat menyebabkan timbulnya gejala dan juga ciri-ciri anemia.

Selain itu juga seseorang yang mengalami kekurangan asupan zat besi, maka biasanya ia akan merasakan lemas, tak bertenaga, dan membuat pandangan berkunang –kunang, bahkan membuat sistem imun tubuh menjadi menurun, dan biasanya hal ini terjadi pada wanita yang sedang hamil, dan juga wanita yang sedang datang bulan karena sama- sama membutuhkan zat besi.

Akan tetapi untuk menambah asupan zat besi, maka tidak semua orang mau untuk mengkonsumsi multivitamin. Maka cara yang dapat dilakukan untuk menambah darah yaitu dengan mengkonsumsi makanan dan juga buah yang dapat membantu menambah darah.

Adapun Beberapa Makanan Penambah Darah Yang Dapat Dikonsumsi

Beberapa makanan diketahui sangat efektif untuk membantu menambah darah, sehingga dapat membuat penderitanya menjadi lebih cepat pulih. Berikut beberapa makanan penambah darah yang paling efektif yang dapat dikonsumsi:

  1. Makanan Yang Kaya Akan Vitamin B12

Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 memang sangat dibutuhkan oleh tubuh. karena vitamin B12 dalam tubuh memiliki peran untuk memproduksi sel darah merah pada sumsum tulang belakang dan juga untuk sintetis DNA. Dan jika seseorang kekurangan vitamin B12 maka akan mengalami kekurangan darah atau juga disebut sebagai anemia megaloblastik. Dan seseorang yang mengalami anemia megaloblastik, yaitu memiliki sel darah merah yang belum matang, dan akibatnya tidak bisa mengangkut oksigen pada jaringan. Sehingga disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung kaya akan vitamin B12 seperti ikan, daging merah, susu, telur dan juga hati sapi.

  1. Makanan Kaya Akan Asam Folat

Makanan yang mengandung asam folat atau sering dikenal sebagai vitamin B9 memang sangat dibutuhkan oleh orang yang mengalami anemia. Karena makanan yang mengandung vitamin B6 atau asam folat dapat membantu membuat sel darah merah baru. Dan makanan yang mengandung asam folat diantaranya yaitu roti, sayuran berdaun hijau seperti bayam, dan juga kangkung, selain itu juga kacang polong dan juga kacang-kacangan lainnya.

  1. Mengkonsumsi Makanan Yang Kaya Akan Zat Besi

Bagi penderita anemia atau kurang darah maka sangat disarankan mengkonsumsi makanan yang mengandung kaya akan zat besi, karena makanan yang mengandung zat besi dapat membantu untuk penambah darah sehingga anemia yang dialami dapat teratasi. Dan makanan yang kaya akan zat besi yaitu daging merah seperti daging kambing, daging sapi, dan lainnya. Selain daging merah makanan organ seperti hati dan ginjal pun dapat membantu menambah darah, selain itu juga ada beberapa sayuran yang dapat dikonsumsi untuk dijadikan penambah darah diantaranya yaitu bayam kangkung dan juga kacang-kacangan.

  1. Makanan Mengandung Protein Tinggi

Sel yang berada didalam tubuh sangat membutuhkan protein sebagai bahan utama untuk produksinya, termasuk juga sel darah merah. Maka dari itu bagi penderita anemia sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi untuk membantu penambah darah. Makanan yang menjadi sumber protein diantaranya yaitu daging, ikan, telur dan juga kacang-kacangan.

  1. Makanan Yang Mengandung Vitamin C

Bagi penderita anemia maka disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, salah satunya dengan mengkonsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, mangga, jambu biji dan juga melon. Karena vitamin C sangat membantu penyerapan zat besi kedalam tubuh.

  1. Makanan Yang Mengandung Vitamin A

Makanan yang mengandung vitamin A memang memiliki manfaat yang baik untuk tubuh karena dapat membantu agar zat besi masuk kedalam hemoglobin untuk dapat mengikat oksigen. Buah yang mengandung vitamin A diantaranya yaitu semangka, melon, mangga, apricot, dan juga buah plum. Selain membantu untuk penambah darah buah-buahan ini jugamemiliki manfaat yang bagus untuk ksehatan mata dan membantu meningkatkan jumlah sel darah merah.

  1. Mengkonsumsi Alpukat

Alpukat merupakan buah yang memiliki tekstur daging buah yang lembut dan alpukat pun sering digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan jus. Alpukat merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan lemak tak jenuh, dan ternyata alpukat juga dapat membantu untuk penambah darah dan dapat mencegah anemia. Karena kandungan yang terdapat pada alpukat seperti zat besi, kalsium, vitamin A, B1, C dan juga fosfor.

  1. Mengkonsumsi Kurma

Kurma merupakan salah satu buah yang sering disarankan untuk ibu hamil karena nutrisi yang tinggi dan juga energi yang terkandung didalam kurma dapat membantu untuk menambah stamina pada ibu hamil. Selain itu kurma juga termasuk buah yang memiliki lemak rendah dan juga bebas kolestrol dan pada setiap 100 gram kurma mengandung 3 mg zat besi, sehingga dapat membantu untuk menambah darah.

  1. Mengkonsumsi Apel

Buah apel merupakan salah satu buah yang dapat membantu untuk menambah darah yang rendah. Dan dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. Karena kandungan vitamin dan mineral, yaitu vitamin A, B1,B2,B3,B5,B6,zat besi, kalsium, asam folat dan juga fosfor dapat membantu untuk mencegah anemia. Selain itu juga apel dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan organ jantung.

  1. Mengkonsumsi Delima

Delima merupakan buah yang paling direkomendasikan untuk penderita anemia. Karena kandungan yang terdapat pada 100 gram delima terdapat 0.3 mg zat besi. Sehingga dapat membantu untuk mencegah anemia, karena seperti yang telah kita ketahui bahwa zat besi memang memiliki manfaat yang baik untuk mencegah anemia.

  1. Mengkonsumsi Pepaya

Pepaya memang memiliki banyak manfaat baik untuk kecantikan maupun kesehatan. Salah satu manfaat pepaya untuk kesehatan yaitu pepaya dapat meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh. karena kandungan vitamin C, zat besi, dan asam folat ( vitamin B9) sangat baik untuk membentuk hemoglobin.

  1. Mengkonsumsi Pisang

Pisang merupakan buah yang memiliki tekstur yang lembut dan juga memiliki rasa yang enak, selain itu juga pisang memiliki kandungan potassium yang tinggi. Dan menurut para ahli bahwa kandungan potassium bisa menjadi antioksidan yang dapat memelihara sistem imun. Selain itu juga ternyata pisang mengandung zat besi yang dpat membantu meningkatkan produksi hemoglobin dalam tubuh. dan akan membantu untuk mencegah anemia.

  1. Bunga Kol ( Kembang Kol)

Selain buah-buahan yang dapat membantu untuk mengatasi anemia, ada juga sayuran yang dapat membantu untuk mengatasi anemia salah satunya yaitu bunga kol sayuran berwarna putih kehijauan ini sangat mudah untuk didapat. Kandungan gizi yang terdapat pada bunga kol ini setara dengan brokoli, yaitu dimana dengan mengoptimalkan regenerasi sel darah merah. Dan bebrapa kandungan yang terdapat pada kembang kol ini yang dapat mengatasi anemia.

Nah, itulah beberapa makanan penambah darah yang paling efektif yang dapat dikonsumsi. Semoga bermanfaat!