Saran Pola Hidup Sehat

Kesehatan merupakan aset yang sangat berharga dan perlu dijaga. Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat itulah salah satu kalimat yang sering kita dengar. Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan salah satunya yaitu dapat dipertahankan dengan cara pola hidup sehat.

Berikut Ini Pola Hidup Sehat Yang Dapat Anda Lakukan

  1. Aktivitas fisik

Aktivitas fisik yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan anda. Ada sebagian orang yang kurang melakukan aktivitas fisik dikarenakan kesibukan kegiatan harian mereka. Kurangnya aktivitas fisik lambat laun akan menjadikan tubuh kurang fit. Misalnya dalam kegiatan sehari-hari anda terlalu banyak duduk sehingga dapat menyebabkan penyakit.

Kurangnya melakukan gerakan fisik dapat menyebabkan aliran oksigen ke otak kurang sehingga ketajaman otak dapat berkurang. Selain itu, dengan melakukan aktivitas tubuh yang kurang dapat menyebabkan aliran darah berkurang.

Apabila anda melakukan pekerjaan yang membutuhkan duduk terlalu lama dan kurang melakukan aktivitas fisik, anda perlu melakukan peregangan pada sela-sela aktifitas agar tubuh tetap dapat mengedarkan darah dan oksigen dengan lancar. Anda dapat melakukan aktivitas fisik dengan berolahraga ringan. Pilihlah olahraga seperti jogging, senam, atau olah raga lainnya paling tidak dua kali seminggu.

  1. Makanan yang bernutrisi

Asupan makanan juga dapat mempengaruhi kesehatan. Terapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Makanan yang memiliki nutrisi yang lengkap dan dibutuhkan oleh tubuh mengandung berbagai vitamin, protein, serat serta mineral.

Apabila anda banyak mengonsumsi makanan cepat saji sebaiknya dikurangi demi kesehatan. Anda dapat menggantinya dengan makanan alami yang bebas dari bahan pengawet. Perbanyak makan buah dan sayur agar kebutuhan serat dan vitamin terpenuhi.

  1. Cukup istirahat

Tubuh juga membutuhkan istirahat. Tubuh membutuhkan setidaknya 6 sampai 8 jam untuk tidur agar kembali fresh. Istirahat dengan pola yang sama dapat membantu anda tetap fresh. Apabila dengan rutinitas yang membuat pola istirahat anda tidak teratur tentunya akan membutuhkan penyesuaian imunitas tubuh.

Apabila sistem imun anda tidak kuat dapat menyebabkan tubuh tidak fit. Anda dapat mandi air hangat sebelum istirahat untuk merelaksasi tubuh.

  1. Mengontrol tingkat stress

Dalam kehidupan sehari-hari rentan sekali mengalami stress. Stress yang tidak dikelola dengan baik dapat menyebabkan imunitas tubuh berkurang. Selain dari makanan, penyakit juga dapat ditimbulkan dari pikiran. Anda dapat melalukan relaksasi untuk mengontrol stress.

Apabila mempunyai masalah anda dapat mencurahkannya dan bermunajat dengan sang maha pencipta agar anda menjadi lebih tenang. Anda juga dapat meminta solusi pada orang yang anda percaya dapat menyelesaikan masalah anda. Masalah yang dipendam sendiri lama kelamaan dapat menjadi bom waktu yang kapanpun bisa meledak.

  1. Air putih

Air putih merupakan salah satu nikmat Tuhan yang memiliki banyak manfaat. Air putih dapat menghilangkan racun-racun yang ada didalam tubuh. Kelembaban kulit juga dapat terjaga dengan mengonsumsi air putih. Air putih juga dapat memenuhi kebutuhan mineral harian anda.

Minimal mengonsumsi 8 gelas per hari dapat membantu anda lebih sehat. Anda dapat mengonsumsi air putih dimulai setelah bangun tidur dipagi hari. Sebelum tidur malam juga dianjurkan untuk minum segelas air putih untuk pembersihan racun didalam tubuh.

Pentingnya pola hidup sehat perlu ditanamkan dalam kehidupan kita. Pola hidup sehat dapat anda anda coba terapkan dalam kehidupan harian anda. Dengan pola hidup sehat diharapkan stamina dan imunitas tubuh anda tetap terjaga sehingga aktivitas anda berjalan lancar.