Tanda Bayi Kuning Yang Normal

Tanda bayi kuning normal- Masa persalinan merupakn suatu masa yang sangat ditunggu- tunggu. Selain itu juga masa persalinan merupakan suatu masa yang membuat bunda tegang sekaligus bahagia. Kelahiran buah hati dengan selamat merupakan suatu hal yang paling di idamkan oleh semua orangtua. lalu bagaimana jika bayi yang lahirkan mengalami suatu masalah, salah satunya yaitu penyakit kuning.

Lalu apa sih sebenarnya penyebab bayi baru lahir mengalami kuning ?bayi yang baru lahirkan, ada banyak sekali fungsi pada organ dalam tubuh yang belum bisa bekerja secara normal, contohnya yaitu fungsi hati yang masih belum matang. Dan ketidak matangan fungsi organ inilah yang dapat menjadikan proses perubahan pada bilirubin indirek ( Buangan dari proses pemecahan sel darah merah yang sudah tua) kemudian menjadi bilirubin direk ( hasil buangan yang larut dalam air ) jadi melambat. Atau bisa juga biliburin terbentuk lebih cepat dibandingkan kemampuan organ hati yang memecahkannya dan juga mengeluarkannya dari tubuh melalui tinja. Lalu apakah ini termasuk kedalam tanda kuning normal ? lalu apa saja tanda-tandanya ? simak ulasannya!

Berikut ini beberapa tanda bayi kuning yang normal yang dapat diketahui, diantaranya

  1. Warna kuning tidak langsung muncul sesaat pada saat bayi telah dilahirkan dalam waktu 2x 24 jam .
  2. Urin atau air kencing terlihat bening atau tidak berwarna layaknya seperti air kencing pada umumnya atau tidak terlihat terlalu coklat ataupun kuning tua.
  3. Meskipun warna tubunya lebih kuning daripada bayi lainnnya , akan tetapi ia akan terus aktif seperti bayi pada umunya. Maka ibu dapat melihat bayi anda terkana penyakit kuning atau tidak caranya anda dapat melihatnya atau membawanya keruang yang terang. Lalu tekan ibu jari ini secara perlahan ke dahi, dada, atau telapak tangan atau kaki pada bayi. lalu anda dapat memperhatikan dengan seksama apakah ada semburat warna kuning di permukaan bagian-bagian tubuh yang telah ditekan tadi.
  4. Bayi akan tetap kuat ketika menyusu dan tidak ada masalah pada saat diberikan ASI untuk pertama kalinya.
  5. Pada saat setelah dilahirkan, bayi tidak langsung mendapat ASI, melainkan susus formula maka warna kuning yang ada pada tubuhnya akan mencapai derajat yang tertinggi yaitu sekitar 6-8 mg% perhari ketiga.
  6. Warna kuning tidak terlihat dalam tubuhnya akan menghilang ketika organ hatinya sudah benar-benar matang dan juga maksimal. Biasanya hal ini akan terjadi setelah 1-3 minggu setelah bayi dilahirkan. Karena organ hati dalam tubuh bayi sudah mampu untuk merubah biliburin indirek menjadi bilirubin direk yang mampu untuk larut dalam air dan juga bisa dibuang dari tubuh bayi.

Nah, itulah beberapa tanda bayi kuning yang normal yang dapat diketahui. Semoga bermanfaat!