Tanda Kekurangan gizi pada orang dewasa

Tanda kurang gizi pada orang dewasa  Kekurangan gizi atau sering disebut sebagi malnutrisi merupakan suatu hal yang bisa juga dikatakan sebagai hal yang serius, karena tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, padahal nutrisi memiliki peranan yang sangat penting untuk tubuh karena nutrisi ini akan menjalankan fungsinya dengan baik. maka dari itu orang yang terkena malnutrisi tidak hanya terjadi pada satu atau dua hari saja tetapi juga dapat terjadi pada periode yang lama.

Selain itu juga tanda orang yang kurang nutrisi pun tidak begitu menyadarinya. Maka dari itu untuk mengatsai terjadinya kekurangan gizi maka anda dapat memulai dengan menjaga pola makan dan memilih makanan yang banyak mengandung nutrisi dan gizi yang baik untuk tubuh anda. Maka sebelumnya anda harus megetahui terlebih dahulu tanda-tanda orang yang kurang gizi. Simak ulasannya!

Berikut ini beberapa tanda kurang gizi pada orang dewasa yang dapat anda ketahui dengan mudah, diantaranya

  1. Kulit Pucat

Memiliki kulit yang putih merupakan suatu dambaan setiap orang , namun lain lagi dengan orang yang memiliki kulit yang pucat dan juga kusam akibat kekurangan zat besi. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan ukuran darah merah menjadi sedikit dan tidak dipenuhi hemoglobin. Maka hasilnya warna kulit menjadi pucat dan juga kusam terutama pada bagian kelopak mata dan juga dinding dalam pipi. Maka dari itu anda dapat memenuhi kebutuhan zat besi dengan mengkonsumsi daging sapi, sereal dan juga makanan lainnya yang dapat meningkatkan zat besi.

  1. Kesemutan

Banyak orang yang sering mengalami kesemutan yang datang dengan tiba-tiba baik pada bagian tangan maupun pada bagian kaki. Kesemutan biasanya terjadi disebabkan oleh saraf yang terjepit akibat tekanan berat seperti saat kita duduk bersila terlalu lama ataupun pada saat menyilangkan kaki. Dan kesemutan ini biasanya terjdi karena kurangnya asupan asupan vitamin B, B6, folat dan juga B12. Maka untuk membantu memenuhi asupan vitamin tersebut anda dapat mengkonsumsi makanan yang dapat terdapat beberapa vitamin tersebut seperti bayam, kacang-kacangan, telur dan juga gandum.

  1. Bibir Kering Dan Pecah-Pecah

Salah satu tanda pada oramg dewasa yaitu ditandai dengan bibir yang kering dan juga pecah-pecah. dan ketika bibir terlihat tampak lebih kering dan juga pecah-pecah maka akan terasa sakit dan bahkan dapat menimbulkan keretakan pada kedua sudut bibir tersebut. Hal ini terjadi karena tubuh anda kekurangan vitamin B2. Dan bibir kering dan pecah-pecah yang diakibatkan oleh defisiensi lidah yang membengkak dan juga berwarna merah tua, mulut membengkak dan apabila tidak segera ditangani akan menjadi semakin parah. Nah, maka dari itu untuk mengatasinya maka disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang dapat membantu memenuuhi vitamin B2 seperti salmon, brokoli, keju, dan juga telur.

Nah, itulah beberapa tanda kurang gizi pada orang dewasa yang dapat anda ketahui dengan mudah. Semoga bermanfaat !