Tanda Kurang Gizi Pada Anak

Tanda kurang gizi pada anak- Gizi merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, karena gizi yang baik akan membantu untuk pertumbuhan dan juga perkembangan otak maupun fisik seorang anak. Karena pertumbuhan yang baik pada anak akan terlihat dengan baik sesuai dengan usia anak. Anak yang mendapatkan asupan nutrisi yang baik maka ia akan tumbuh dengan cepat, berbeda dengan anak yang kekurangan nutrisi ataupun gizi .

Maka dari itu orang tua harus memberikan asupan gizi yang baik kepada anaknya, sebelum masa pertumbuhan anak berakhir. Karena salah satu penyebab kurangnya nutrisi pada anak yaitu asupan makanan yang dikonsumsi kurang baik. selain itu dapat juga melihat tanda-tanda kurang gizi pada anak anda agar dapat mengatasinya dengan cepat. Lalu apa saja tanda kurang gizi pada anak? Simak ulasnnya berikut!

Berikut beberapa tanda kurang gizi pada anak yang dapat anda ketahui agar dapat segera mengatasinya, diantaranya

  1. Nafsu Makan Yang Kurang Pada Anak

Anak yang mengalami kurang gizi salah satunya ditandai dengan berkurangnya nafsu makan pada anak. Mereka tidak akan tertarik untuk makan karena sistem pencernaan yang sudah tidak berjalan dengan benar. Selain  itu juga tubuh tidak dapat merespon makanan sehingga membuat tubuh menjadi terlihat lemah. Selain itu juga anak yang mengalami susah makan biasanya kondisi ini sering terjadi juga pada anak yang mengalami penyakit cacingan.

  1. Kegagalan Masa Pertumbuhan

Tanda lain yang dapat terjadi pada anak yang kurang gizi yaitu dapat dilihat dari kegagalan masa pertumbuhan, dan biasanya dapat terlihat dari berat badan dan juga tinggi badan yang tidak sesuai dengan usianya. Pengaruh nutrisi pada anak ini memang sangat banyak, ketika anak tidak mendapatkan asupan nutrisi atau gizi yang baik maka  tubuh sang anak tidak mendapatkan lemak, protein, dan juga kalori yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Anak yang kekurangan nutrisi atau gizibiasanya akan terlihat lebih kecil, berbeda dengan anak yang mendapatkan gizi yang baik.

  1. Tubuh Terlihat Lemah Dan Juga Lelah

Anak yang kekurangan gizi akan terlihat dari tubuhnya yang terlihat lemah dan juga mudah lelah. Hal ini terjadi karena anak yang kekurangan gizi tidak tertarik untuk bergerak dan juga otot-otot tubuh yang tidak mendapatkan nutrisi sehingga membuat tubuh menjadi lemah dan juga mudah lelah. Selain itu kondisi ini juga dapat terjadi dikarenakan anak mengalami anemia akibat kekurangan zat besi.

  1. Mudah Sakit

Anak yang mengalami kekurangan gizi akan mudah sakit. Hal ini terjadi karena anak sistem daya tahan tubuh anak yang mengalami kakurangan gizi akan menurun. Karena tidak adanya kandungan nutrisi seperti vitamin dan juga mineral yang sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar anak dapat terjindar dari berabagai macam penyakit.

Nah, itukah beberapa tanda kurang gizi pada anak yang dapat anda ketahui, agar dapat melakukan penanganan dengan baik. Semoga bermanfaat !