Tips Mengatasi Ruam Pada Bayi

Kesehatan bayi merupakan salah satu hal yang sangat penting sekali untuk diperhatikan. Jangan sampai kesehatan si kecil terganggu yang berdampak buruk terhadap tumbuh kembangnya. Perhatikan selalu kondisi kesehatan si kecil dengan baik secara menyeluruh. Dalam hal ini sangat Bunda harus peka terhadap apa yang dirasakan oleh si kecil. Jangan sampai membiarkannya merasa tidak nyaman dan terkena gangguan kesehatan.

Salah satu gangguan kesehatan yang mungkin terjadi pada bayi adalah masalah pada kulitnya atau muncul ruam. Ini memang bukan masalah kesehatan yang serius, namun apabila dibiarkan maka ini bisa berdampak negative terhadao kesehatan dan kenyamanan si kecil. Ruam pada bayi harus mendapatkan penanganan yang tepat,

Inilah Tips Mengatasi Ruam pada Bayi

Penyebab timbulnya ruam pada bayi bisa disebabkan oleh banyak hal seperti kondisi popok yang basah sehingga membuat kulit di sekitaran bokong bayi menjadi lembab. Disamping itu, ruam juga muncul akibat kondisi pakaian si kecil tidak sehat sehingga memicu timbulnya ruam. Lalu bagaimana untuk mengatasi ruam pada kulit bayi? Perhatikan berikut ini!

Mengganti Popok Bayi Secara Rutin

Jangan biarkan popok dalam kondisi kotor dan basah terpasang lama. Hal ini menjadi awal mula tumbuhnya kuman dan bakteri sehingga dampak buruknya terjadi iritasi dan juga munculnya ruam popok. Jika sekiranya popok sudah kotor maka segera ganti dengan yang baru sehingga kondisi kulit si kecil tetap bersih.

Rutin Mengecek Popok

Si kecil biasanya memiliki jadwal tetap untuk buang air kecil dan besar. Nah, sebaiknya Bunda peka dengan hal tersebut dan cek popok si kecil secara rutin dan teratur. Hal ini untuk mencegah kondisi popok dalam keadaan kotor atau basah yang bisa memicu timbulnya ruam pada bayi. Selalu usahakan untuk kebersihan popok si kecil. Pastikan kondisi popoknya selalu bersih dan jika sudah kotor segera ganti.

Pilih dan Gunakan Popok Yang Tepat

Pemilihan popok dan juga cara pasang popok penting juga untuk diperhatikan. Jika salah pilih popok maka akan sangat berbahaya untuk kesehatan kulitnya. Gunakan popok yang tepat dan cara pasag yang tepat juga, jangan kekecilan dan jangan kelonggaran juga.

Gunakan Pakaian dengan Bahan Menyerap Keringat

Usahakan pakaian si kecil tipis dan terbuat dari bahan yang bisa menyerap keringat. Ini untukm encegah timbulnya ruam pada tubuh atau kulit si kecil. Jangan sembarangan mengenakan pakaian untuk si kecil, pastikan dalam kondisi bersih dan tidak terlalu menyebabkan gerah untuk tubuh si kecil.

Demikian beberapa tips untuk mencegah dan mengatasi ruam pada bayi. Dengan cara cara yang tepat maka hal ini akan sangat menbantu sekali untuk menjaga kesehatan si kecil dengan baik sekali. Semoga bermanfaat Bunda!