Tips Menjaga Kesehatan Anak Balita

Tips menjaga kesehatan anak balita- Kesehatan balita merupakan suatu hal yang penting bagi orang tua, karena menjaga kesehatan balita merupakan suatu upaya yang sangat penting untuk kita utamakan. Karena kondisi balita yang sehat akan berpengaruh terhadap perkembangan dan juga pertumbuhannya. Selain itu juga kondisi balita yang kurang baik akan sangat berpengaruh buruk terhadap tumbuh kembangnya.

Maka dari itu bunda harus pintar menjaga kesehatan balita dengan baik. karena  banyak sekali tindakan yang kurang tepat yang dilakukan , seperti bayi yang membutuhkan pengobatan tetapi tidak diobati dan juga sebaliknya. Maka sari itu bunda harus mengetahui tips untuk menjaga kesehatan pada balita agar tidak salah dan agar balita tidak mudah untuk sakit. Lalu tips apa saja yang dapat dilakukan  untuk menjaga kesehatan balita ?simak ulasnnya berikut!

Berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan anak balita yang dapat dilakukan, diantaranya

  1. Menjaga Kebersihan Balita

Salah satu cara yang sangat muda untuk menjaga kesehatan balita yaitu dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar balita. Misalnya dengan rahin mengganti popok, mengganti celana setelh ia pup ataupun seteleh buang air kecil dengan bersih menggunakan cairan khusus bayi.

  1. Memeriksa Kesehatan Balita

Tips berikutnya yaitu dengan memeriksa kesehatan balita untuk mengetahui kekurangan apa saja yang dimiliki oleh balita. Misalnya ketika bayi kekurangan vitamin A. maka sebagai orang tua anda dpat memberikan makanan yang mengandung vitamin A. agar asupan vitamin A dapat terpenuhi.

  1. Memberikan Makanan Yang Bersifat Lunak.

Cara berikutnya yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan balita yaitu dengan memberikan makanan yang bersifat lunak untuk balita sekitar usia 7 bulan samapai 1 atau 2 tahun tanpa harus mengurangi nilai gizi yang terdapat pada  kandungan makanan tersebut.

  1. Merawat Dengan Baik

Cara selanjutnya yang dapat digunakan yaitu dengan merawat balita dibawah usia 1 tahun dengan baik, seperti memenuhi hakbya untuk mendapatkan ASI penuh selama 6 bulan kelahirannya.

  1. Tidak Terlalau Sering Memberikan Makanan Siapa Saji

Tips berikutnya yabg dapat dilakukan untuk membantu menjaga kesehatan balita yaitu dengan tidak terlalau banyak memeberiakan makanan olahan yang sudah siap saj. Karena dengan terlalu sering memberikan makanan siap saji akan membuat kesehatan pada balita menjadi terganggu. Karena memasak dan megolah makanan dengan baham-bahan bergizi secara langsung oleh ibu akan lebih baik karena tidak megandung bahan pengawet atau tambahan bahan kimia lainnya yang dapat membahayakan kesehatan balita.

  1. Melakukan Olahraga

Ketika balita sudah menginjak usia 2 sampai 5 tahun maka tidak ada salahnya apabila bunda mengajak untuk berolahraga ringan setiap hari. Karena denga  berolaghraga dapat membantu menjaga kesehatan balita, selain itu juga hal ini akan menjadi kebiasaan sampai ia beranjak dewasa.

Nah, itulah beberapa tips menjaga kesehatan anak balita yang dapat dilakukan. Semoga bermanfaat !