Tips Menjaga Kesehatan Ibu Dan Anak Dalam Kandungan

Tips menjaga kesehatan ibu dan anak dalam kandungan- Setiap pasangan yang telah menikah pasti mendambakan kehadiran sang bayi. karena hadirnya buah hati dapat menambah kebahagian keluarga kecil mereka. Maka dari itu ketika sang istri hamil maka sangat penting sekali untuk menjaga kesehatan ibu dan juga anak yang masih berada didalam kandungan. Hal ini agar pada proses persalinan keduanya sehat dan juga proses persalinan pun dapat berjalan dengan lancar.

Oleh karena itu banyak faktor yang dapat mengganggu kesehatan ibu dan juga anak yang ada didalam kandungan, baik itu gangguan secara psikologis ataupun gangguan seperti komplikasi kehamilan, dan juga beberapa gangguan kehamilan lainnya yang dpat membahayakan ibu dan juga anak yang ada didalam kandungan.  Oleh karena itu sangat penting bagi seorang ibu dan juga suami untuk menjaga kesehatan ibu dan anak yang ada didalam kandungan, selain itu juga harus mengetahui tips untuk menjaga kesehatan ibu dan anak yang benar, agar kesehatannya tetap terjaga. Lalu cara apa saja yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan ibu dan anak dalam kandungan ?simak ulasannya berikut !

Berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan ibu dan anak dalam kandungan, diantaranya

  1. Menjaga Asupan Makanan

Tips pertama yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan ibu dan anak dalam kandungan yaitu dengan menjaga asupan makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil, karena makanan yang dikonsumsi oleh ibu akan disalurkan kepada anaknya melalui plasenta, maka dari itu ibu dianjurkan untuk mngkonsumsi makanan yang sehat dan juga bergizi. Karena makanan yang sehat dan bergizi pun akan membuat keduanya memiliki berat yang ideal pada saat dilahirkan nanti.  Maka dari itu diusahakan untuk ibu mengkonsumsi menu makanan yang seimbang. Namun ibu hamil pun jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan siap saji karena makanan tersebut tidak baik untuk kesehatan ibu dan juga anak yang ada didalam kandungan. Selain itu juga makanan yang pedas pun harus ibu hindari karena dapat membahayakan kesehatan anak yang ada didalam kandungan. Maka dari itu suami disarankan untuk ikut berperan dalam menjaga makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil.

  1. Melakukan Olahraga Ringan

Tips berikutnya yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan ibu dan anak dalam kandungan yaitu dengan melakukan olahraga ringan. Olahraga ringan ini sangat penting untuk dilakukan agar proses persalinan pun menjadi lancar. Maka olahraga yang dilakukan pun sangat mudah yaitu cukup dengan melakukan senam ibu hamil, renang dan juga mengepel dengan cara merangkak, hal ini dapat dilakukan agar proses persalinan dapat berjalan dengan lancar.

  1. Menghindari Stress Yang Berlebihan

Selanjutnya tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan ibu dan anak dalam kandungan yaitu dengan menghindari stress yang berlebihan untuk menjaga kesehatan ibu dan anak yang ada didalm kandungan. Seperti yang kita ketahui bahwa emosi seorang ibu hamil sangatlah tidak stabil dan juga sering berubah –ubah pada saat kehamilan. Terlebih lagi jika seorang ibu yang sedang hamil masih bekerja pada saat kehamilan, maka presentase ibu hamil mengalami stress akan meningkat, berbeda dengan ibu hamil yang tidak bekerja. Karena stress yang dialami ibu hamil akan sangat berpengaruh terhadap anak yang berada didalam kandungan, maka dari itu diperlukan peran suami untuk menjaga kondisi psikologis istrinya. Karena pada saat kehamilan suami dituntut untuk lebih banyak bersabar karena mood istri yang selalu berubah- ubah. Maka dari itu untuk mengatasi hal ini sang suami dapat mengajak istri untuk jalan- jalan, berbelanja atau melakukan hal-hal yang dapat membuat istri menjadi lebih senang dan juga dapat membalikkan mood istri menjadi lebih baik dan juga menjadi lebih rileks. Namun sang suami pun harus tetap menjaga istri agar tidak sampai terlalu kelelahan.

  1. Hindari Rokok Dan Juga Minuman Yang Beralkohol

Tips selanjutnya yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi yaitu untuk menghindari minuman yang beralkohol dan juga merokok, pada saat ini banyak sekali wanita yang merokok dannjuga meminum minuman beralkohol, namun pada saat kehamilan disarankan untuk menghindari minuman beralkohol dan juga rokok. Karena rokok dan minuman beralkohol sangat berbahaya bagi kesehatan ibu dan juga anak yang ada didalam kandungan. Maka dari itu sang suami harus tegas untuk menjauhkan rokok dan juga minuman beralkohol dari istri anda. karena mengkonsumsi alkohol dan juga rokok pada masa kehamilan dapat juga menyebabkan terjadinya keguguran pada ibu hamil.

  1. Istrirahat Yang Cukup

Tips selanjutnya yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan ibu dan anak yaitu dengan beristirahat yang cukup. Ibu hamil harus beristirahat dengan cukup setelah melakukan  aktifitas. Karena hal ini dapat untuk merileksasi pikiran dan juga tubuh yang telah lelah seharian.  Seorang ibu hamil harus beristirahay dengan cukup agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, karena apabila ibu hamil terlalu banyak beraktifitas akan berdampak berbahaya pada ibu dan juga anak yang ada didalam kandungan.

  1. Memperhatikan Lingkungan Sekitar

Hal selanjutnya yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan ibu dan anak dalam kandungan yaitu dengan memperhatikan lingkungan sekitar.  Karena lingkungan merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan kesehatan  ibu dan anak didalam kandungan berbahaya, dan dampaknya akan dirasakan oleh anak yang ada didalam kandungan.

  1. Membiasakan Untuk Kontrol Kedokter

Tips selanjutnya yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan ibu dan juga anak dalam kandungan yaitu dengan cara tetap membiaskan untuk kontrol kedokter. Hal ini dilakukan agar ibu hamil megetahui kesehatan dan juga perkembangan bayi yang ada didalam kandungan. Sehingga ibu dapat mengontrol kehamilan anda. Dan juga anda pun akan mendapatkan panduan dari dokter khusus untuk ibu. Sehingga ibu akan mendapatkan kesehatan anak didalam kandungan yang terjaga dan juga kesehatan ibu oun akan lebih terjaga.

  1. Cukupi Kebutuhan Asam Folat

Tpis berikutnya yang dilakukan untuk menjaga kesehatn ibu dan anak dalam kandungan yaitu dengan memenuhi asam folat yang memiliki peran untuk melindungi janin dan juga resiko kelainan otak dan juga sumsum tulang belakang. Maka dari it ibu hamil membutuhkan asam folat sebanyak 400 mg setiap harinya. Maka dari itu ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang emngandung asma folat seperti bayam, brokoli, serta buah jeruk.

  1. Berhati- Hati Dalam Mengkonsumsi Obat-Obatan

Tips selanjutnya untuk menjaga kesehatan ibu dan anak dalam kandungan yaitu dengan berhati-hati dalam mengkonsumsi obat-obatan.  Bagi ibu hamil maka disarankan untuk menghindari mengkonsumsi obat-obatan yang dijual bebas tanpa resep dokter. Maka ketika ibu mengalami sakit alangkah lebih baiknya jika ibu untuk berkonsultasi pada dokter. Karena obat-obatan yang dijual bebas akan berdampak negative terhadap kesehatan anak yang ada didalam kandungan.

Nah, itulah beberapa tips menjaga kesehatan ibu dan anak dalam kandungan. Semoga bermanfaat !