umur berapa balita tumbuh gigi? dan apa saja tanda-tandanya

Umur berapa balita tumbuh gigi ? dan apa saja tanda-tandanya- Dalam tahan pertumbuhan dan juga perkembangan ,biasanya balita akan mulai tumbuh gigi pada periode awal makan. Ketika balita mau tumbuh gigi, biasanya ia akan merasakan sedikit rasa tidak nyaman dan biasanya balita akan menjadi rewel karena balita tidak dapat memberi tahu apa yang sedang dirasakannya. Karena balita akan menunjukan tanda-tanda berbeda diusia yang berbeda pula. Maka dari itu bunda harus memperhatikan dan memahami apa saja tanda- tanda gigi balita akan tumbuh.

Biasanya balita akan tumbuh gigi sesuai dengan usia pada balita tersebut, namun tidak semua balita akan tumbuh gigi pada yang tepat atau pada usia yang seharusnya. Lalu pada umur berapa balita akan tumbuh gigi? Dan apa saja tanda- tandanya ?simak ulsannya berikut ini!

Lalu umur berapa bayi akan tumbuh gigi ?

Gigi yang tumbuh pada bayi biasanya akan tumbuh secara bertahap. Dan pada umumnya balita akan tumbuh gigi pada usia 6 bulan. namun selain itu juga banyak bayi yang tumbuh gigi lebih cepat yaitu pada usia 4 bulan. dan biasanya gigi balita akan tumbuh secara berpasang-pasangan baik itu gigi bagian atas maupun yang bagian bawah. selain itu juga jangan khawatir jika pada usia 12 bulan gigi pada balita belum juga tumbuh, namun hal ini masih saja dianggap sebagai hal yang wajar dan juga sehat.

Tanda- tanda gigi akan tumbuh

Untuk mengetahui bahwa tanda- tanda balita akan tumbuh gigi itu seperti apa, maka simak ulasnnya berikut :

  1. Mengeces

Ketika gigi akan tumbuh, maka balita akan memproduksi air liur lebih bnyak dari biasanya, bahkan hal inilah yang dapat menyebabkan balita mudah untuk ngeces. Bahkan juga banyak beberapa balita yang mengalami ruam-ruam dibagian dagu, leher dan juga mulut. Hal ini terjadi karena air liur yang membasahi wajah balita sehingga membuatnya menjadi lembab.

  1. Batuk dan muntah

Tanda lainnya yang terjadi ketika bayi akan tumbuh gigi yaitu ditandai dengan batuk dan juga muntah. Bayi belum benar-benar bisa mengendalikan semua otot dan juga saraf yang ada didalam mulut dan juga tenggorokan , karena didalam mulut terdapat air liur dan hal inilah yang dpat menyebabkan balitamenjadi mudah untuk tersedak ketika akan menelan, dan selain itu juga hal inilah yang dapat memb uat balit amenjadi mudah untuk batuk.

  1. Menangis

Tanda selanjutnya yang dapat terjadi pada balita yang akan tumbuh gigi yaiktu ditandai dengan balita yang sering menangis, hal ini terjadi karena ketika akan tumbuh gigi gusi pada balita akan menjadi bengkak dan mulut pun menjadi tidak nyaman.

Nah, itulah umur berapa balita tumbuh gigi ? dan apa saja tanda-tandanya. Semoga bermanfaat!